Manfaat Tersembunyi Dibalik Wasabi Alami

Manfaat-Tersembunyi-Dibalik-Wasabi-Alami

Berita Terbaru – Manfaat  wasabi untuk kesehatan tubuh manusia memang cukup banyak. Pasalnya, bahan makanan Jepang ini mengandung nutrisi yang cukup banyak. Diketahui bahwa wasabi ini adalah tanaman yang berasal asli dari Jepang dan termasuk suku kubis. Rasa dari wasabi sendiri pedas namun tidak seperti pedas cabai, lebih condong ke rasa mint. Idealnya bahan ini akan digunakan sebagai penyedap masakan Jepang seperti sashimi, sushi, soba, atau ochazuke. Tak heran jika wasabi banyak disajikan di restoran Jepang. Wasabi yang disediakan berupa bumbu hijau pedas yang diletakkan di atas piring sushi.

Kandungan Gizi Wasabi

Beruntung bagi Anda yang menyukai pelengkap makanan Jepang yang satu ini. Karena memang tidak hanya enak karena menambah cita rasa di sebuah makanan saja. Wasabi juga memiliki banyak kandungan nutrisi. Dalam sekali jalan, Wasabia japonica dapat menyumbangkan karbohidrat, protein, serat, dan sedikit lemak. Tidak hanya itu. Sejumlah vitamin yang bisa Anda dapatkan seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Wasabi juga mengandung berbagai mineral yang dapat membantu melengkapi kebutuhan harian tubuh. Mulai dari kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, selenium, dan seng. Tanaman yang juga dikenal sebagai lobak Jepang ini kaya akan beta-karoten, glukosinolat dan isothiocyanate di dalamnya. Kandungan isothiocyanate ini menambah rasa pedas pada wasabi. Karena itulah saat Anda makan wasabi, tanpa disadari hidung Anda akan mengering.

Wasabi adalah sayuran silangan dari Brassicaceae. Wasabi memiliki warna hijau cerah dan mengandung isothiocyanates (ITCs), senyawa yang berperan dalam rasanya yang tajam dan menyengat. Senyawa ini juga yang memberi wasabi beberapa manfaat kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi wasabi secara rutin.

1. Membantu menurunkan berat badan

Wasabi mengandung senyawa yang menghambat pertumbuhan dan pembentukan sel lemak. Setelah dilakukan penelitian mengenai wasabi ini detemukan bahwa ada senyawa yang disebut 5-Hydroxyferulic acid methyl ester (5-HFA ester). Senyawa ini berada di daun wasabi yang manfaatnya bisa untuk menekan pertumbuhan dan pembentukan sel lemak.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Wasabi juga memiliki sifat antihiperkolesterolemia yang membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Sekali lagi, isothiocyanate dalam wasabi berperan dalam menghentikan agregasi platelet dan mencegah pembentukan gumpalan darah yang merupakan penyebab utama stroke.

3. Meredakan peradangan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan isothiocyanate pada wasabi dapat menghambat sel dan enzim yang meningkatkan inflamasi.

4. Mencegah kanker

Senyawa isothiocyanate (ITC) dalam wasabi telah dikaitkan dengan banyak sifat antikanker. Sebuah penelitian menemukan bahwa ITC dan senyawa lainnya dalam wasabi bisa menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, mulut, usus besar, dan pankreas. Dengan ini wasabi bisa dikatakan sangat bermanfaat untuk tubuh kan.

5. Mencegah penyakit Parkinson

Kandungan isothiocyanate dalam wasabi dikatakan memiliki efek neuroprotektif pada otak dan dapat meningkatkan aktivasi sistem antioksidan yang menurunkan inflamasi pada otak. Studi lain menunjukkan bahwa senyawa ini juga dapat membantu mencegah atau memperlambat timbulnya penyakit Parkinson.

6. Meringankan masalah pernapasan

Bagi Anda yang mengalami gangguan pernapasan, seperti asma, aroma wasabi bisa meredakan gejalanya. Ini berkat komponen gas yang terkandung dalam wasabi. Komponen yang memicu aroma menyengat tersebut dapat memberikan reaksi yang kuat terhadap saluran pernafasan dan sinar matahari. Beberapa orang mungkin merasa sedikit pusing dan pedas saat mencium aroma wasabi.

Namun jangan salah, aroma ini sebenarnya bagus untuk sistem pernapasan Anda. Sementara itu meskipun wasabi aman dikonsumsi, namun ada beberapa hal yang harus diwaspadai karena bagi penderita gangguan pendarahan atau yang baru saja menjalani operasi sebaiknya menghindari konsumsi wasabi karena dapat meningkatkan risiko terjadinya perdarahan dan lebam.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *