Cara Paling Efektif Untuk Menjaga Kesehatan Telinga

Cara-Paling-Efektif-Untuk-Menjaga-Kesehatan-Telinga

Berita Terbaru – Telinga merupakan salah satu organ penting yang dimiliki manusia. Dengan telinga ini manusia dapat mendengar dan mempelajari sesuatu. Jika organ pendengarannya rusak, maka akan sulit sembuh. Kemampuan pendengaran juga akan menurun, dan tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Menjaga kesehatan telinga sangat penting dilakukan agar masalah yang dapat merusak telinga dapat dicegah. Anda bisa memulai dari aktivitas sehari-hari. Beberapa cara untuk menjaga kesehatan telinga adalah:

1. Bersihkan Telinga dengan Benar

Anda mungkin berpikir bahwa Anda harus membersihkan telinga secara teratur dengan cotton bud sebagai cara untuk merawat telinga Anda. Namun, ternyata anggapan Anda salah. Faktanya, Anda tidak disarankan untuk memasukkan kapas atau sesuatu ke dalam telinga untuk membersihkan telinga. Memasukkan kapas ke telinga berisiko mendorong kotoran masuk.

Selain itu, memasukkan sesuatu ke dalam rongga telinga juga berisiko merusak organ sensitif di telinga, seperti gendang telinga. Lalu, bagaimana cara membersihkan telinga? Faktanya telinga merupakan organ yang bisa membersihkan dirinya sendiri. Dalam telinga memiliki cairan seperti lilin yang berfungsi untuk mencegah debu dan partikel lainnya masuk ke dalam telinga lebih dalam.

Jadi, fungsi dari cairan lilin ini sangat penting untuk kesehatan telinga dan keberadaan kotoran telinga merupakan hal yang wajar. Jika Anda memiliki kotoran berlebih, Anda bisa membersihkan area di sekitar rongga telinga dengan handuk lembut. Atau, Anda bisa meminta bantuan dokter untuk membersihkan telinga dengan alat khusus.

2. Jaga Telinga Tetap Kering

Kelembaban yang berlebihan memungkinkan bakteri masuk dan menyerang saluran telinga. Ini dapat menyebabkan infeksi telinga yang berbahaya bagi kemampuan pendengaran Anda. Setelah selesai mandi pastikan Anda mengeringkan telinga dengan lembut hingga kering sempurna. Jika Anda bisa merasakan air di telinga Anda, miringkan kepala ke samping dan tarik daun telinga dengan lembut untuk mengeluarkan air. Kalau perlu gunakan penyumbat telinga perenang untuk memastikan telinga Anda tetap kering dan sehat. Perangkat ini akan menghalangi air memasuki saluran telinga dan baik untuk orang dewasa dan anak-anak.

3. Olahraga secara teratur

Latihan kardio seperti jalan kaki, lari, atau bersepeda membuat darah memompa ke seluruh bagian tubuh Anda, termasuk telinga Anda. Ini akan membantu menjaga kesehatan bagian dalam telinga dan bekerja semaksimal mungkin. Namun, tetap pastikan Anda berolahraga dengan aman. Saat bersepeda, selalu gunakan helm khusus untuk bersepeda. Jika Anda jatuh dan kepala terbentur, gegar otak dapat merusak pendengaran Anda.

4. Berikan Waktu Istirahat di Telinga Anda

Jika Anda sudah lama terpapar suara keras, seperti di konser atau bar, telinga Anda perlu waktu untuk pulih. Cobalah keluar sesekali selama lima menit untuk mengistirahatkan telinga Anda. Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa telinga membutuhkan waktu 16 jam ketenangan untuk pulih dari satu malam yang bising.

5. Pemeriksaan Rutin

Penting untuk memeriksakan telinga Anda ke dokter, terutama saat Anda mulai menua. Kehilangan pendengaran berkembang secara bertahap, jadi Anda perlu memastikan telinga Anda sehat setiap saat. Anda perlu melakukan pendengaran pra-tes sehingga Anda dapat mengukur dan mengambil tindakan untuk setiap gangguan pendengaran yang Anda alami. Pemeriksaan telinga juga dilakukan untuk memastikan tidak ada penumpukan kotoran telinga di telinga. Jika ada, telinga Anda mungkin perlu dibersihkan.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *